Suggestopedia: Mengenal Lebih Jauh Metode ini
Banyak pendekatan yang berbeda dapat digunakan untuk mengajar siswa Bahasa Inggris. Beberapa pendekatan yang paling populer termasuk ceramah, diskusi, percobaan, proyek, dan pembelajaran berbasis teknologi seperti penggunaan media audio-visual atau aplikasi online.
Metode ceramah sering digunakan untuk menjelaskan konsep atau teori tertentu, sementara metode diskusi memungkinkan para siswa untuk berinteraksi dan bertukar pendapat tentang topik yang sedang dibahas. Pembelajaran berbasis proyek dan eksperimen lebih menekankan pada pengalaman langsung dan aplikasi praktis dari informasi yang dipelajari.
Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris ala Native Speaker
Pembelajaran berbasis teknologi seperti penggunaan media audio-visual atau aplikasi online dapat meningkatkan keterlibatan dan minat siswa. Pilihan metode pembelajaran bergantung pada tujuan pembelajaran, demografi siswa, dan materi yang dipelajari. Pilihan metode yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran sangat penting bagi pendidik.
Suggestopedia adalah metode pengajaran yang diciptakan oleh psikolog Bulgaria bernama Georgi Lozanov pada tahun 1970-an. Tujuannya adalah untuk mempercepat pembelajaran dengan menggunakan teknik yang meningkatkan kemampuan pikiran untuk menyimpan dan memproses data.
Prinsip-Prinsip dalam Belajar Bahasa Asing, Sudah Tahu?
Suggestopedia: Apa itu?
Gagasan di balik sugestopedia adalah bahwa pikiran memiliki kemampuan luar biasa untuk belajar, dan bahwa dengan membuat lingkungan belajar yang tenang dan positif, kita dapat meningkatkan kemampuan ini. Metode ini menciptakan lingkungan dengan menggunakan seni, musik, drama, dan visualisasi.
“Desugesti” adalah salah satu teknik utama yang digunakan dalam suggestopedia, yang melibatkan pembongkaran keyakinan negatif peserta didik tentang kemampuan mereka untuk belajar. Teknik ini juga membantu peserta didik membangun citra diri yang positif dan mendorong mereka untuk melihat diri mereka sebagai siswa yang mampu dan percaya diri.
Suggestopedia dibuat dengan tujuan menciptakan lingkungan belajar yang tenang dan positif di mana peserta didik dapat menggunakan kemampuan mereka untuk mengolah dan menyimpan data. Meskipun telah dikritik karena bergantung pada saran dan tidak memiliki dukungan empiris, metode ini masih digunakan di beberapa tempat pendidikan.
Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Percakapan Bahasa Inggris dalam Tes IELTS
G. Lozanov menjelaskan suggestopedia dalam empat tahap, yaitu:
1. Presentasi
Tujuan dari tahap presentasi adalah untuk membuat siswa rileks dan memberikan rekomendasi positif bahwa belajar adalah mudah dan menyenangkan. Tagline seperti “Inggris mudah” digunakan secara bersamaan saat memulai pelajaran, yang dapat menumbuhkan semangat bagi siswa dan guru. Suara yang kuat dalam kelas juga dapat meningkatkan suasana pembelajaran. Namun, perlu diingat bahwa saran yang diberikan hanyalah nasihat, bukan hipnosis. Ini memungkinkan siswa memiliki kontrol penuh atas pikiran dan tindakan mereka.
Seni Berbasa-basi dalam Bahasa Inggris
2. Aktif Konser
Dalam metode suggestopedia, kegiatan belajar yang aktif antara pendidik dan siswa sangat penting. Metode ini menggunakan kegiatan aktif untuk memperkenalkan materi baru kepada siswa pada tahap presentasi. Sambil musik diputar sebagai latar belakang, guru akan membacakan materi secara dramatis. Ini biasanya menggunakan musik klasik atau romantis. Hal ini dimaksudkan untuk membantu siswa mengasosiasikan informasi baru dengan perasaan positif, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk memahaminya. Pada titik ini, guru harus berpartisipasi secara aktif dalam pembuatan media pembelajaran futuristik, seperti video, animasi, dan media lainnya, yang dapat membantu siswa mempertajam daya ingat mereka.
7 Bahasa Selain Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Pelajari di Tahun 2023
3. Pengulangan
Pada tahap refleksi, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk merenungkan dan memahami kembali materi yang telah mereka pelajari sebelumnya. Mereka dapat berbicara dan berbagi pengalaman mereka dengan cara mereka mempelajari materi tersebut. Untuk membantu membangkitkan ingatan siswa, alunan musik yang sama dapat diputar kembali. Untuk memperkuat keyakinan siswa bahwa belajar itu mudah dan menyenangkan, guru juga dapat mengulang materi, tagline, atau saran positif. Segala sesuatu yang diulang berulang-ulang dapat meningkatkan daya ingat dan membuat materi yang dipelajari lebih menarik.
Meningkatkan Kemampuan Reading Comprehension dengan Mudah
4. Latihan
Tahap keempat dalam suggestopedia adalah penggunaan permainan untuk menggabungkan dan mengulangi informasi yang dipelajari. Selain itu, guru dapat mengulang materi, musik, atau tagline, yang membantu siswa memahami topik dengan lebih baik. Hal-hal yang diulang-ulang mudah diingat dan membuat siswa belajar.
Menurut Suggestopedia, guru tidak hanya harus mengajar dan memberi tahu siswa, tetapi juga harus menjadi pengisi waktu sehingga siswa tidak merasa sedang belajar, tetapi malah menonton pertunjukan yang bermanfaat. Suggestopedia sangat efektif dalam pengajaran Bahasa Inggris karena dapat membuat siswa semangat dan terhibur.
Agar presentasi materi menjadi lebih efektif, guru harus berinteraksi saat menggunakan media. Dalam pengalaman penulis sebagai guru, tagline bahasa Inggris mudah digunakan, dan penggunaan suggestopedia berdampak positif pada siswa dan guru. Praktik pengajaran selama dua bulan dengan suggestopedia membuat siswa merasa terbantu, dan penulis sebagai guru merasa terkesan dengan keuntungan yang diperoleh.
16 Daftar Universitas Terbaik di Dunia Tahun 2023
Suggestopedia memiliki kelebihan dalam menumbuhkan minat siswa dalam belajar dan meningkatkan kerja sama siswa dalam menyerap materi ajar yang menarik dengan menggunakan musik klasik. Namun, kelemahan metode ini adalah penyajian materi ajar yang didominasi oleh tata bahasa struktural, yang membuatnya terlihat tidak inovatif dan tidak berbeda dengan metode pembelajaran lainnya. Selain itu, siswa auditoris cenderung menghadapi kesulitan dalam menggunakan musik untuk belajar, sementara siswa kinestetik mungkin lebih beruntung.
Sebagai guru, kita harus mampu memotivasi dan menghibur siswa agar pelajaran tidak membosankan dan siswa dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya, terutama dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Membuat bahasa Inggris menjadi mudah tidaklah mudah, tetapi ada upaya untuk memperbaiki proses belajar. Suggestopedia adalah alternatif pembelajaran yang inovatif yang dapat membantu siswa belajar Bahasa Inggris.